26 April 2017 17:14

Lakukan Hal Ini Untuk Masa Depan Gemilang

DISITU

Keuangan seringkali menjadi masalah bagi setiap orang di dalam hidupnya. Tidak adanya perencanaan keuangan menyebabkan timbulnya kesulitan keuangan bahkan menimbulkan hutang. Supaya hal ini tidak terjadi, kita harus membuat perencanaan dalam hal keuangan bagi diri kita sendiri. Apa saja langkah yang dapat kita lakukan dalam menyusun perencanaan keuangan kita?

  • Memahami portofolio keuangan

Kita harus memahami portofolio keuangan kita. Untuk memahami portofolio keuangan, ada beberapa aspek yang harus diketahui dan diterapkan agar perencanaan keuangan berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengetahui penghasilan tetap yang Anda dapatkan setiap bulannya dan pengeluaran yang Anda perlukan untuk kebutuhan rutin setiap bulan.

  • Menabung untuk masa depan

Kenapa kita harus menabung? Salah satu kunci keberhasilan finansial adalah menabung. Karena itu, pertama-tama kita harus menyisihkan penghasilan yang kita dapatkan untuk ditabung. Setelah itu, barulah sisa uangnya kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi tiap bulannya. Pisahkan antara rekening tabungan dengan rekening penghasilan. Sehingga tabungan untuk masa depan tidak akan terganggu gugat dan kita selalu memiliki tabungan apabila ada hal yang bersifat mendadak.

  • Mencoba menyusun budget

Walaupun rasanya tidak terlalu penting dan merepotkan, tapi membuat anggaran merupakan hal yang sangat penting untuk mengatur keuangan kita. Rencanakan semua pengeluaran secara objektif. Setiap pengeluaran yang sifatnya rutin harus dimasukkan ke dalam anggaran. Hal ini diperlukan untuk mengetahui biaya rutin bulanan yang dikeluarkan.

  • Mulai Berinvestasi

Apabila ingin menambah modal untuk sukses, investasi merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan. Ada banyak sekali pilihan investasi dan perusahaan jasa keuangan yang menawarkan produk-produk investasi. Lakukan konsultasi dengan pihak yang terpecaya dan pilih investasi yang paling tepat bagi Anda.

  • Jangan memiliki banyak hutang

Banyak orang yang tidak terlalu paham akan hal ini, tapi kebiasaan hidup dengan berhutang akan menyebabkan keterpurukan. Kebiasaan menggunakan kartu kredit tanpa mempertimbangkan pembayarannya akan membuat kita terlilit hutang. Atur pengeluaran kartu kredit Anda. Gunakan sewajarnya sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Apakah Anda sudah menyusun perencanaan keuangan Anda? Kalau sudah, berarti Anda sudah melakukan hal yang benar. Tapi apabila belum Anda lakukan, segeralah membuat perencanaan keuangan Anda sebelum terlambat!





0 Komentar