11 July 2017 00:00

Mobil Dulu? Rumah Dulu?

DISITU

Semakin bertambahnya usia, kebanyakan orang akan mulai berpikir untuk masa depannya. Baik keinginan untuk berinvestasi misalnya dengan membeli rumah ataupun meningkatkan gaya hidup misalnya dengan membeli mobil. Kedua hal tersebut (membeli rumah ataupun membeli mobil) sama-sama penting. Jika Anda harus memilih, mana yang akan Anda prioritaskan untuk dibeli terlebih dahulu? Rumah atau mobil? Berikut adalah hal-hal yang mungkin dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil atau rumah terlebih dahulu.

Mobil

Terdapat beberapa kelebihan ketika Anda memiliki mobil pribadi. Tidak perlu sibuk mencari transportasi umum yang paling sesuai dan paling murah. Tidak perlu lagi gonta-ganti kendaraan umum untuk mencapai suatu tempat. Tidak perlu antri dan berdesak-desakan di kendaraan umum. Tidak perlu menunggu sampai kendaraan umum yang Anda tunggu datang ataupun transportasi yang Anda pesan menjemput Anda. Tidak perlu kepanasan ataupun kehujanan seperti jika Anda mengendarai sepeda motor atau sepeda. Itulah beberapa kelebihan utama jika Anda memiliki mobil. Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda akan merasa lebih 'berada' jika memiliki mobil pribadi.

Memiliki mobil pribadi tentu saja akan mempemudah Anda dalam urusan transportasi, terutama bagi Anda yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Contohnya saja seorang marketing yang harus bertemu klien dari satu tempat ke tempat lainnya, ibu rumah tangga yang harus mengantar dan menjemput anak-anaknya pulang pergi sekolah maupun tempat-tempat les, ataupun profesi-profesi dengan tingkat mobilitas tinggi lainnya. Manfaat memiliki mobil pribadi akan sangat dirasakan bagi orang-orang seperti mereka.

Bagi Anda yang tingkat mobilitasnya tidak terlalu tinggi, apakah perlu memiliki mobil pribadi? Jawabannya relatif. Jika jarak tempuh Anda termasuk dekat ke tempat-tempat yang biasa Anda datangi, Anda dapat memanfaatkan kendaraan umum. Saat ini pun sudah banyak alternatif transportasi online yang dapat Anda pesan. Tapi jika jarak tempuh harian Anda termasuk jauh dan tidak ada transportasi umum yang memadai, mungkin ada baiknya jika Anda memiliki mobil pribadi.

Mobil umumnya bukan merupakan suatu investasi, karena akan terus mengalami depresiasi. Tapi, mobil pribadi dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan utama maupun penghasilan tambahan, misalnya dengan menjadi driver untuk perusahaan jasa transportasi online yang saat ini sedang sangat ramai dibicarakan.

Hal paling penting yang perlu Anda ingat, jangan membeli mobil hanya karena gengsi. Kenapa?  Karena saat Anda memiliki mobil, ada biaya-biaya ekstra yang harus Anda keluarkan dibandingkan saat Anda menggunakan sepeda motor, sepeda, ataupun kendaraan umum. Sebut saja biaya perawatan rutin, biaya bahan bakar yang tergolong mahal, maupun biaya tol dan biaya parkir yang jelas lebih mahal daripada sepeda motor. Selain itu, Anda juga harus menyetir mobil sendiri. Berbeda dengan naik kendaraan umum dimana Anda tinggal duduk ataupun berdiri dan kemudian Anda tiba di tujuan Anda.


Rumah

Lalu bagaimana dengan rumah? Tentunya rumah adalah salah satu investasi yang sangat bagus saat ini karena harga properti terus naik dari waktu ke waktu. Jika Anda saat ini masih tinggal dengan orang tua, rumah yang telah Anda beli dapat disewakan kepada orang lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan tambahan uang dari hasil penyewaan tersebut. Tapi bagi Anda yang ingin hidup mandiri dan tidak ingin tinggal serumah dengan orang tua lagi, membeli rumah adalah solusi yang tepat.

Bagi Anda yang memang orang perantauan, memiliki rumah berarti Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar kontrakan atau kost kost-an. Hal ini lumayan menghemat pengeluaran Anda karena harga kost kost-an ataupun kontrakan sekarang pun sudah banyak yang mahal. Rumah juga diperlukan untuk masa depan Anda. Saat Anda menikah dan membangun rumah tangga sendiri, akan lebih baik jika memiliki rumah sendiri bukan?

Tapi perlu Anda ingat, membeli rumah membutuhkan uang yang tidak sedikit. Saat Anda memanfaatkan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pun, Anda masih harus membayar cicilan bulanan yang tidak kecil. Jadi dibutuhkan perhitungan yang benar-benar jeli ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Jangan sampai Anda kesulitan bertahan hidup karena harus membayar cicilan rumah Anda setiap bulannya.

Selain itu, saat Anda mau membeli rumah, pastikan bahwa Anda tetap memilik tabungan yang bisa digunakan apabila terjadi hal-hal darurat. Sebut saja jika tiba-tiba Anda butuh biaya untuk berobat maupun biaya-biaya tidak terduga lainnya. Pastikan bahwa Anda memang sudah cukup matang dalam hal finansial sebelum Anda memutuskan membeli rumah.

 

Jadi, lebih baik membeli mobil atau membeli rumah terlebih dahulu? Bila Anda sudah memiliki salah satunya, tentu saja Anda sudah tidak bingung dalam menentukannya. Tapi bila Anda belum memiliki keduanya, pikirkanlah terlebih dahulu kebutuhan utama Anda. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kondisi keuangan Anda. Apakah akan lebih baik jika Anda memiliki mobil pribadi? Atau lebih baik jika Anda memiliki rumah pribadi? Atau justru Anda belum membutuhkan kedua-duanya sehingga lebih baik jika uangnya ditabung dahulu? Anda-lah yang paling tau.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli mobil ataupun rumah, tapi karena satu dan lain hal tidak memiliki tabungan untuk kondisi darurat? Jika terjadi hal seperti itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sekarang ini ada banyak institusi keuangan yang memberikan fasilitas kredit pinjaman bagi Anda yang memerlukan dana tunai. Kredit pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan pribadi Anda, sebut saja untuk biaya pengobatan, biaya renovasi, biaya servis di bengkel, biaya untuk menikah, serta biaya-biaya lainnya. Apabila Anda mencari kredit pinjaman, Anda dapat mengunjungi www.disitu.com. Disitu siap membantu Anda mendapatkan kredit pinjaman dengan cara yang mudah dan cepat. Jadi jangan ragu lagi, ayo segera kunjungi www.disitu.com untuk info lebih lanjut. Cari Kredit? Disitu Pilihanmu.