23 June 2017 00:00

Kiat-Kiat Jadikan Mudikmu Menyenangkan

DISITU

Setelah hampir sebulan menjalani ibadah puasa, kegiatan mudik pun sudah di depan mata. Sudahkah Anda menyiapkan segala kebutuhan Anda selama mudik? Mudik harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari pakaian hingga ke kendaraan yang Anda tumpangi. Bukan hanya dari sisi kesehatan dan keselamatan selama di perjalanan yang perlu diperhatikan, namun kenyamanan juga merupakan hal yang penting. Berikut kiat-kiat yang ingin dibagikan Disitu agar mudik Anda menyenangkan.

 

Cek kondisi dan kelengkapan kendaraan

Bagi Anda yang mudik dengan membawa kendaraan pribadi, kendaraan adalah hal utama yang harus Anda persiapkan dengan matang untuk menjamin mudik Anda menyenangkan. Bayangkan jika kendaraan Anda mogok di tengah perjalanan, sungguh suatu hal yang menyebalkan bukan? Karena itu sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda melakukan pengecekan kendaraan Anda. Bawalah kendaraan yang akan Anda kendarai untuk mudik ke bengkel kepercayaan Anda beberapa hari sebelum hari-H. Pastikan mesin dan seluruh atribut kendaraan Anda dalam kondisi baik dan aman untuk dibawa mudik.

 

Uang Tunai

Apa yang paling penting dibawa pada saat perjalanan mudik? Tentu saja uang. Uang diperlukan untuk mengisi bahan bakar kendaraan, untuk makan, minum maupun jajan. Bahkan uang pun dibutuhkan jika mau ke toilet! Selain itu, uang juga dibutuhkan apabila ada suatu hal yang tidak terduga terjadi. Namun tetap harus diingat, tindakan kriminal sedang marak akhir-akhir ini. Jadi untuk alasan keamanan, bawalah uang secukupnya di dompet. Apabila memang uang Anda sudah habis, Anda masih bisa melakukan penarikan uang di ATM. Khusus bagi Anda yang mudik dengan menggunakan transportasi umum,  jangan lupa untuk menyimpan dompet Anda di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan tangan-tangan iseng.

 

Obat-obatan

P3K menjadi salah satu barang wajib yang perlu dibawa saat Anda mudik. Obat-obat umum seperti obat sakit kepala, obat diare, dan obat anti mual wajib dibawa untuk berjaga-jaga. Terutama bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat tertentu, jangan lupa membawa obat pribadi Anda. Bawalah juga vitamin ataupun ramuan herbal yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tidak ada yang ingin jatuh sakit setibanya di kampung halaman bukan?

 

Hiburan

Selama mudik, tentu saja Anda menempuh perjalanan yang jauh dan rasa suntuk ataupun bosan sudah pasti akan datang baik cepat ataupun lambat. Jadi, Disitu sarankan Anda membawa beberapa barang yang bisa mengusir rasa jenuh Anda selama di perjalanan, sebut saja misalnya MP3 player, buku-buku bacaan seperti novel, komik, dan lain sebagainya, ataupun permainan-permainan kecil seperti rubrik. Di saat rasa jenuh melanda, Anda sudah punya penangkalnya!

 

Baterai Smartphone

Bagi yang memiliki smartphone, barang satu ini merupakan salah satu penyelamat di kala mudik. Mengecek kondisi jalan dengan bantuan peta di Google ataupun Waze, hiburan untuk mengatasi rasa jenuh, alat komunikasi dengan teman dan saudara, mengecek berita terkini dan sebagainya dapat dilakukan dalam satu benda kecil ini. Tapi apa daya jika baterai-nya habis? Smartphone Anda tentunya berubah menjadi sebuah barang yang tidak berguna sama sekali. Karena itu pastikan agar baterai Anda sudah terisi penuh sebelum perjalanan Anda dan jangan lupa membawa charger, baterai cadangan, ataupun powerbank untuk saat-saat kritis.

 

Pulsa dan Kuota Internet

Jangan lupa pastikan agar kuota internet Anda cukup digunakan sepanjang perjalanan. Tanpa kuota internet, fitur smartphone Anda berkurang hingga 50%. Kegiatan semisal chatting, browsing media sosial, ataupun menonton video di Youtube sudah tinggal kenangan. Selain itu, jangan lupa pastikan pulsa Anda tersedia. Pada saat Anda berada di wilayah yang cukup terpencil dan tidak ada koneksi internet, Anda masih bisa berkomunikasi dengan telepon maupun SMS manual menggunakan pulsa Anda.

 

Daftar barang bawaan

Sudah setengah perjalanan kemudian baru ingat bahwa ada barang Anda yang lupa dibawa? Tentunya membuat Anda tidak bisa menikmati perjalanan mudik Anda karena pasti akan kepikiran. Buatlah list barang apa saja yang perlu dibawa, supaya tidak ada satu barangpun yang tertinggal. Ingat! Jangan membawa banyak barang yang tidak terlalu penting, tapi bawalah barang-barang yang memang benar-benar diperlukan. Tidak membawa banyak barang juga membuat mudik Anda menyenangkan. Tidak makan banyak tempat di dalam kendaraan pribadi Anda (jika mudik menggunakan kendaraan pribadi), tidak juga membuat Anda harus menggotong banyak barang setibanya di terminal/stasiun/tempat perhentian lainnya (jika mudik menggunakan kendaraan umum).

 

Kondisi tubuh

Terakhir adalah kondisi tubuh Anda. Bayangkan jika semua persiapan sudah matang dan lengkap, namun kondisi tubuh Anda tidak mendukung. Kondisi badan yang tidak baik membuat perjalanan mudik Anda akan terasa menyiksa, bukan menyenangkan. Karena itu, pastikan tubuh Anda sehat dan bugar sebelum perjalanan mudik Anda dimulai.

 

Sekian beberapa tips dari Disitu untuk membuat perjalanan mudik Anda menyenangkan. Satu hal yang paling penting dari semuanya, jangan lupa berdoa agar Tuhan YME melindungi dan melancarkan perjalanan mudik kita semua. Selamat bermudik ya!