04 July 2017 00:00

Kembalikan Semangat Bekerja Setelah Gagal Move On dari Liburan

DISITU

Liburan telah usai. Quality time bersama keluarga di rumah, acara jalan-jalan untuk menikmati alam, berpetualang, atau bahkan acara berbelanja dari satu mall ke mall lainnya mengejar diskon-diskon yang sedang marak sudah selesai. Waktunya kembali bekerja. Tentu sangat malas rasanya untuk “move on” dan menerima kenyataan bahwa kita harus kembali ke rutinitas seperti biasa. Lalu bagaimana caranya mengembalikan semangat bekerja?

 

Pikirkan sesuatu yang menyenangkan dalam Bekerja

Jika harus memilih antara bekerja atau liburan, tentunya hampir sebagian besar orang akan memilih liburan. Namun jika pekerjaan yang Anda miliki saat ini berhubungan dengan passion yang Anda miliki, bekerja akan memberikan kesenangan tersendiri. Tapi bagaimana jika pekerjaan yang Anda lakoni sekarang bukanlah passion Anda? Rasa malas untuk kembali bekerja sudah pasti lebih tinggi daripada yang memang memiliki passion di pekerjaannya. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memikirkan hal-hal yang membuat Anda semangat untuk kembali bekerja. Misalnya saja bertemu kembali dengan rekan-rekan kerja Anda atau bisa menikmati jajanan dan makanan favorit di daerah kantor Anda. Berpikiran positif dapat membuat Anda bersemangat dalam memulai kembali rutinitas pekerjaan Anda.

 

Datang Lebih Pagi
Persiapan untuk bekerja juga tidak kalah penting. Maka dari itu datanglah lebih awal ke tempat Anda bekerja. Hal ini sangat penting untuk “penyesuaian diri” di lingkungan kerja setelah sekian lama Anda meninggalkan tempat kerja. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Bagaimana jika Anda belum terbiasa bangun pagi karena selama liburan selalu bangun siang? Mau tidak mau Anda harus memaksakan diri untuk bisa bangun pagi kembali. Yang perlu Anda ingat, bangun pagi sangat baik untuk kesehatan Anda.

 

Buat Daftar Pekerjaan Yang Akan Dikerjakan
Setelah datang lebih awal ke tempat kerja, buatlah daftar pekerjaan yang akan dikerjakan pada hari itu. Membuat persiapan di awal juga akan membuat waktu Anda menjadi lebih teratur sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang secara percuma. Selain itu, dengan adanya daftar pekerjaan yang harus dikerjakan, otomatis Anda akan menjadi lebih bersemangat karena ada target yang perlu dicapai dan memungkinkan Anda untuk pulang tepat waktu karena pekerjaan Anda sudah selesai. Tidak ada satupun orang yang mau langsung lembur di hari pertama bekerja setelah liburan panjang bukan?

 

Mulai Bekerja Secara Perlahan
Selesai membuat daftar pekerjaan, sekarang adalah waktunya mengerjakan pekerjaan tersebut satu persatu. Kerjakanlah hal yang menurut Anda ringan terlebih dahulu, jangan langsung mengerjakan pekerjaan yang berat. Mengerjakan pekerjaan yang berat menimbulkan suatu perasaan terbeban sehingga hari Anda terasa tidak menyenangkan. Beberapa contoh pekerjaan yang ringan dan dapat Anda lakukan di kantor misalnya membaca dan membalas email dari para klien, atau mengingat-ingat kembali pekerjaan apa saja yang telah Anda tinggalkan selama liburan.

 

Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja
Mengobrol dengan rekan kerja Anda di kantor setelah sekian lama tidak berjumpa juga dapat menjadi penyemangat. Saling bertukar cerita mengenai cara menghabiskan liburan dan pengalaman-pengalaman seru Anda adalah hal yang sangat menyenangkan. Mengobrollah dengan rekan kerja Anda disela-sela pekerjaan Anda, ketika Anda sedang merasa jenuh ataupun mengantuk. Tapi ingat, jangan kebablasan mengobrol sampai lupa mengerjakan pekerjaan Anda.

 

Jangan Terpengaruh Sekitar
Rasa malas untuk kembali bekerja setelah libur panjang tentu saja dirasakan sebagian besar orang. Hal ini menyebabkan suasana dan kondisi di lingkungan pekerjaan Anda mungkin saja tidak kondusif. Bukannya sibuk bekerja, rekan-rekan kerja Anda mungkin saja malah sibuk mengobrol tanpa kenal waktu ataupun bermalas-malasan. Bagi Anda yang sudah mempersiapkan diri, jangan terlena dan terbawa situasi dan kondisi yang sedang terjadi, tapi tetaplah fokus pada pekerjaan Anda. Ingat target yang telah dibuat dan ingin Anda capai di hari tersebut. 

 

Ingat Kewajiban Anda
Dalam bekerja, tentu saja Anda memiliki kewajiban bukan? Ada pekerjaan-pekerjaan yang harus Anda selesaikan sebaik mungkin dan tepat waktu. Ingat, Anda diberi upah untuk mengerjakan pekerjaan Anda, bukan untuk bermalas-malasan. Selain itu, jangan sampai atasan Anda melihat Anda sedang bermalas-malasan. Apabila diketahui oleh atasan Anda, hal tersebut akan menurunkan performa dan penilaian Anda. Padahal kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mendapatkan promosi jabatan maupun kenaikan gaji. Anda tidak mau menyia-nyiakan kerja keras Anda selama ini bukan? Jangan sampai terjadi pepatah ‘Karena nila setitik, rusak susu sebelangga’ pada Anda.

 

Liburan memang sangat menyenangkan, namun tetap harus pada porsi yang pas untuk dijalani. Setelah menghabiskan banyak uang saat liburan, kini saatnya kembali bekerja dan mengumpulkan uang. Selain itu, bekerja membuat kemampuan Anda meningkat, baik kemampuan teknikal maupun softskill. Jadi, sudahkah Anda kembali bersemangat dalam memulai rutinitas pekerjaan Anda?