08 May 2017 00:00

Kenali Berbagai Fasilitas Kredit yang Dapat Anda Manfaatkan

DISITU

Mendengar kata “kredit” pasti yang ada dibenak orang adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan dan akan dikembalikan lagi beserta bunganya dalam jangka waktu yang telah ditentukan di awal. Namun, apakah Anda tahu bahwa kredit itu sebenarnya ada bermacam-macam jenis dan kegunaannya? Berdasarkan kegunaanya, kredit terbagi menjadi 2 (dua) yaitu kredit konsumsi dan kredit usaha. Apakah itu kredit konsumsi ataupun kredit usaha? Mari kita bahas satu-persatu.

Kredit konsumsi merupakan pinjaman yang lebih banyak diberikan kepada individual atau perorangan. Karena sifatnya yang konsumtif, maka proses persetujuan peminjaman ini cenderung mempertimbangkan dari segi karakteristik dan kemampuan bayar calon debitur. Jenis kredit konsumsi ini umumnya dikenal dalam 5 bentuk, yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), non-KPR, Kredit Kepemilikan Kendaraan, Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multi Guna (KMG).

1. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Kredit ini termasuk pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Dengan kredit ini, masyarakat dapat memiliki rumah meskipun dana belum mencukupi.

2. Non-KPR

Kredit ini merupakan pinjaman dana yang biasanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, namun tidak termasuk rumah. Contohnya adalah kepemilikan gadget, peralatan rumah tangga, dll.

3. Kredit Kepemilikan Kendaraan

Kredit ini merupakan pinjaman dana yang diberikan oleh pihak perusahaan pembiayaan untuk pembelian kendaraan baik roda dua maupun roda empat dengan jaminan yaitu kendaraan itu sendiri jika sang nasabah tidak dapat atau gagal melunasi pinjamannya.

4. Kredit Tanpa Agunan

Kredit ini merupakan penawaran pinjaman yang tanpa memerlukan sebuah jaminan. Walaupun tanpa memerlukan jaminan, asset yang dimiliki oleh sang nasabah juga dapat disita jika tidak dapat melunasi pinjamannya.

5. Kredit Multi Guna

Kredit ini merupakan pinjaman yang dapat digunakan untuk segala macam keperluan konsumtif. Jaminan dari kredit ini dapat berupa sertifikat ataupun kendaraan dari nasabah itu sendiri.

 

Lalu yang kedua ada yang namanya Kredit Usaha. Berdasarkan penggunaannya, kredit ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja.

1. Kredit Investasi

Kredit ini merupakan sebuah pinjaman yang bersifat menengah atau jangka panjang untuk membiayai pembaharuan atau rehabilitasi asset modal dari sebuah perusahaan. Kredit ini juga dapat digunakan untuk menambah dana sebuah proyek berjalan atau membangun sebuah proyek baru.

2. Kredit Modal Kerja

Kredit ini biasanya ditujukan oleh kalangan pengusaha untuk menambah modal kerja sebuah perusahaan sekaligus memenuhi kebutuhan operasional bisnisnya.

Setelah membaca gambaran singkat mengenai macam-macam kredit melalui artikel diatas, apakah Anda sudah tau fasilitas kredit mana yang Anda butuhkan? Ayo, segera manfaatkan fasilitas kredit yang sesuai dengan Anda.