29 August 2017 00:00

Baca Ini Supaya Pengajuan Pinjaman Uang Anda Disetujui

DISITU

Banyak kasus pengajuan pinjaman uang (kredit) yang ditolak, dan kasus seperti itu tidaklah sedikit. Atau mungkin Anda pernah mengalami kondisi penolakan tersebut? Jika jawabannya adalah “Ya”, mungkin Anda masih belum memenuhi kriteria yang diminta oleh pihak bank atau institusi keuangan tersebut.

Walaupun bank dan institusi keuangan memiliki standar yang berbeda-beda dalam memutuskan untuk menerima atau menolak permohonan pinjaman uang (kredit), namun secara keseluruhan, bank dan institusi keuangan memiliki standar umum yang menjadi acuan.

Yang pertama, tentu saja adalah kelengkapan berkas yang diminta oleh institusi keuangan. Memang berkas yang diminta tidaklah sedikit, namun jika Anda benar-benar ingin melakukan pengajuan pinjaman uang dan ingin segera mendapatkan pinjaman uang, maka seharusnya tidak ada kendala untuk mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan. Kira-kira berkas apa saja yang akan diminta oleh pihak institusi keuangan?

Berkas identitas diri
Berkas yang menyatakan identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, atau Akta Nikah dibutuhkan oleh pihak bank atau perusahaan pembiayaan untuk mengetahui identitas diri Anda yang sebenarnya. Memang terdengar sepele, tetapi pihak bank atau institusi keuangan bisa menolak pengajuan pinjaman uang Anda bila berkas identitas diri Anda tidak lengkap atau tidak sesuai. 

Berkas kepemilikan agunan
Apakah barang yang Anda jaminkan saat melakukan permohonan pinjaman uang? Apakah itu mobil, motor atau rumah? Untuk motor dan mobil, STNK dan BPKB adalah syarat wajib yang harus dilengkapi. Jika rumah, maka PBB dan Sertifikat rumah adalah syaratnya. Berkas kepemilikan barang-barang tersebut sangat dibutuhkan sebagai jaminan bagi pihak bank atau institusi keuangan untuk menghindari kecurangan. Setelah berkas-berkas telah dikumpulkan, maka keaslian berkas-berkas juga harus dicocokan. Apakah barang-barang tersebut adalah benar milik Anda pribadi atau milik kerabat Anda. 

Berkas keuangan
Rekening koran adalah persyaratan berikutnya yang harus dilengkapi. Mengapa pihak bank atau perusahaan pembiayaan membutuhkan rekening koran? Tentu saja untuk mengetahui dengan jelas kemampuan keuangan Anda, sehingga mereka dapat mempertimbangkan apakah Anda dapat melunasi pinjaman uang dengan baik di kemudian hari.

Berkas legalitas usaha
Jika Anda memiliki usaha, maka berkas tentang legalitas usaha Anda seperti NPWP, SIUP dan berkas lainnya juga diperlukan. Pihak bank atau institusi keuangan butuh mengetahui apakah Anda memiliki usaha pribadi atau tidak. Dan jika iya, apakah usaha Anda legal di mata negara atau tidak. Pihak bank atau perusahaan pembiayaan juga perlu mengetahui apakah usaha Anda sampai saat ini masih berjalan atau tidak. 

 

Berkas-berkas yang telah disebutkan diatas adalah sebuah syarat untuk melengkapi prinsip-prinsip yang dimiliki oleh pihak bank maupun institusi keuangan. Prinsip tersebut dikenal dengan 5C. Apa sajakah prinsip-prinsip 5C tersebut?

Character
Mengetahui tentang kepribadian dari calon pemohon seperti sifat pribadi, kebiasaan, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga, bahkan sampai hobinya. Tentang karakter ini dapat menentukan apakah calon pemohon merupakan orang yang jujur dan pekerja keras atau tidak.

Capacity
Merupakan kemampuan calon pemohon mengelola keuangan dalam menjalankan usahanya. Apakah calon pemohon pernah mengalami masalah keuangan atau tidak. Dengan kata lain, prinsip capacity merupakan tolak ukur dari kemampuan membayar Anda.

Capital
Terkait dengan kondisi kekayaan yang dimiliki oleh calon pemohon kredit, khususnya bagi calon pemohon yang berstatus sebagai pengusaha. Biasanya Capital dinilai berdasarkan laporan tahunan perusahaan calon pemohon kedit. Capital menentukan apakah pinjaman dapat dicairkan dan dapat menentukan besar biaya yang dapat diberikan oleh pihak bank maupun perusahaan pembiayaan. 

Collateral
Maksud dari collateral disini adalah jaminan yang digunakan untuk mengajukan permohonan pinjaman uang. Jaminan ini mungkin dapat disita oleh pihak bank atau institusi keuangan jika terjadi macet dalam pelunasan kredit.

Condition
Prinsip ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Baik dari luar bank ataupun pihak calon pemohon kredit. Kondisi ini biasanya mempengaruhi kedua pihak tersebut. Contohnya seperti kondisi perekonomian suatu daerah, lingkungan ataupun negara. Komunikasi yang baik antar kedua pihak bisa menjadi solusi yang baik untuk prinsip condition ini.

Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan pinjaman uang memang cukup banyak dan rumit. Namun itu adalah kunci utama yang menjadi bahan pertimbangan oleh setiap institusi keuangan. Semakin kooperatif Anda dalam proses melengkapi persyaratan, semakin besar kemungkinan pengajuan pinjaman uang Anda akan disetujui.

Dengan banyaknya dokumen persyaratan yang perlu dipenuhi, tentunya Anda tidak ingin direpotkan dalam memilih institusi keuangan yang memiliki penawaran produk paling baik bagi Anda bukan? Dengan mengajukan melalui www.disitu.com, pengajuan pinjaman uang Anda menjadi lebih cepat dan mudah serta Anda dapat membandingkan langsung penawaran dari beberapa institusi keuangan sekaligus. DISITU sangat mengutamakan kemudahan Anda. 
Jadi, masih mau coba-coba yang lain? Cari Kredit, Disitu Pilihanmu!